Syeikh Abdul Qadir Al Jailani (dalam satu bacaaan ALJIILANI ) adalah
seorang ‘alim di Baghdad.
Biografi beliau dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala
Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu Rajab Al Hambali. Buku
ini belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Imam Ibnu Rajab menyatakan
bahwa Syeikh Abdul Qadir Al Jailani lahir pada tahun 490/471 H di kota Jailan
atau disebut juga dengan Kailan. Sehingga diakhir nama beliau
ditambahkan kata Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al Jiliy.
KAPAN BELIAU MENINGGAL DUNIA?
Beliau Wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir
tahun 561 H di daerah Babul Azaj.
TORIQOH
di endonesia hampir 100 persen toriqoh mengamalkan toriqohnya syaih abdul qodr jailani, toriqoh syaih abdul qodir a jailani di kenal dg sebutan. "QODIRIYAH"
Beliau meninggalkan tanah kelahiran,
dan merantau ke Baghdad pada saat beliau masih muda. Di Baghdad belajar kepada
beberapa orang ulama’ seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul Husein Al Farra’
dan juga Abu Sa’ad Al Muharrimi. Beliau belajar sehingga mampu menguasai
ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan pendapat para ulama’.
Suatu ketika
Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama
Babul Azaj. Pengelolaan sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani. Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim
disana sambil memberikan nasehat kepada orang-orang yang ada tersebut. Banyak sudah
orang yang bertaubat demi mendengar nasehat beliau. Banyak orang yang
bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau. Sehingga sekolah itu
tidak kuat menampungnya. Maka, diadakan perluasan.
Murid-murid beliau banyak
yang menjadi ulama’ terkenal. Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun kitab
Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab figh
terkenal Al Mughni.
Syeikh Ibnu Qudamah
rahimahullah ketika ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir, beliau menjawab, ” kami
sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan
kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian terhadap kami. Kadang beliau
mengutus putra beliau yang bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami.
Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalatfardhu.”
Syeikh Ibnu Qudamah sempat
tinggal bersama beliau selama satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini
digunakan untuk belajar kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau
meninggal dunia. 1)
Beliau adalah seorang ‘alim. Beraqidah
Ahlu Sunnah, mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak memiliki
karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang membuat-buat kedustaan atas
nama beliau. Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah, perkataan-perkataan,
ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda dengan jalan Rasulullah, para
sahabatnya, dan lainnya.
Diantara perkataan Imam Ibnu Rajab ialah, ” Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan
oleh banyak para syeikh, baik ‘ulama dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki
keutamaan dan karamah.
NAMUN KARENA KEBANYAKAN PENYANJUNG DAN BANYAKNYA KAROMAH YG MENEMPEL PADA SAYAIH, BANYAK ORANG MENGARANG CERITA FIKTIF DAN DI SANDARKAN KEPADA BELIAU, HINGGA TIDAK SEDIKIT ORANG YG MENCIBIR SYAIH ABDUL QODIR, KARENA BANYAKNYA PENULIS YG MENULIS KUMPULAN KAROMAH BELIAU
Imam Ibnu
Rajab juga berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah memiliki
pendapat yang bagus dalam masalah tauhid, sifat-sifat Allah, takdir, dan
ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al
Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq, kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai
kitab Futuhul Ghaib.
Imam Adz Dzahabi
berkata, ” Tidak ada seorangpun para kibar masyeikh yang riwayat hidup dan
karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh Abdul Qadir Al Jailani,
dan banyak ULAMAK ULAMAK HOLAF YG MENGKRITISI KITAB KITAB YG BERHUBUNGAN DG SYAIH ABDUL QODIR JAILANI DAN MENGANGGAP AJARAN SYAIH ABDUL QODR ADALAH AJARAN YG MENYIMPANG AKIDAHNYA, TERUTAMA YG PALING GETOL MENGKRITISI ADALAH ULAMAK ULAMAK YG BERBAU WAHABI
.
jadi tidak heran manakala banyak karya tulis ilmiyah yg mengupas tentang syaih abdul qodir jailani, tp bernada menjatuhkan. dg alasan dan gaya bahasa meyanjung syaih di depan dan menjatuhkan di belakang.
tidak lain dan tidak bukan mereka adalah sebagian dari umat islam yg anti sufi dan mengangap orang sufi adalah ajarannya sesat. dan menyelisihi sunnah.
tanpa mau mempelajari leih dalam dan lebih jauh. dan sebagan ciri has ulamak atau ustad yg anti sufi adalah mereka akan mengambil sepatah dua patah kata dari ribuan halaman karangan seorang ulamak sufi untuk di salahkan. guna untuk membunuh semua halaman yg di karang oleh ulamak sufi.
bahkan imam ghozali pun dg ihyaknya di cibr ajaran sesatnya oleh faham anti sufi. yaitu faham wahabi.
pada saat mencibir saat di tanya apakah anda membaca semua halaman yg terdiri dari lima jilid karangan beliau.
pasti jawabanya adalah "tidak".
pada intinya. ADALAH WAJAR JIKA ADA ORNG MENJATUHKAN AJARAN ULAMAK SUFI.
KARENA YG BERKATA ADALAH BUKAN ORANG YG BENAR BENAR FAHAM DG AJARAN ULAMAK SUFI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar